Jepang
May 24, 2010
Upacara Adat Jawa Tengah
May 29, 2010

Thailand

Orang Thailand kebanyakkan beragama Buddha. Agama Buddha di Thailand merupakan agama kenegaraan. Setiap remaja pria Thailand ketika berumur 20an, harus menjadi 1 kali bhiksu. Hal ini merupakan adat Thailand. Jika tidak menjadi 1 kali bhiksu akan diremehkan orang. Bhiksu di Thailand tidak ada pantangan untuk makan daging.


Angka yang disukai orang Thailand adalah angka “9”. Mereka juga sangat menyukai gajah terutama gajah putih. Orang Thailand menganggap gajah sebagai binatang pembawa berkah. Warna kegemaran orang Thailand adalah warna biru. Biru dianggap sebagai warna yang melambangkan ketenangan dan keabadian. Bunga teratai merupakan bunga yang disukai di Thailand, mereka terbiasa menggunakan bunga teratai untuk mendeskripsikan kecantikan seseorang.



Orang Thailand biasanya menyapa dengan merapalkan kedua tangannya di depan dada dan sedikit menundukkan kepala. Orang muda/junior harus secara otomatis menyapa senior dengan merapalkan kedua tangannya di depan dada saat bertemu.


Orang Thailand sangat tabu menyentuh bagian kepala seseorang. Mereka menganggap ini sebagai bentuk penindasan yang besar terhadap orang tersebut. Mereka juga tabu melayani dengan tangan kiri karena dianggap tidak bersih. Mereka juga tabu saat tidur kepala di arah barat dan kaki menghadap timur karena dianggap hanya orang yang sudah meninggal yang posisinya seperti itu.